Bimtek Pengelolaan Data Kemiskinan dlm Penyusunan Program utk seluruh Kasie. Kessos Kelurahan & Ka.Sub Bag. Program Kecamatan Kota Bandung

Kota Bandung, Rabu, 21/11/2018 - Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung, Dr. Tono Rusdiantono H., M.Si membuka Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Data Kemiskinan dalam Penyusunan Program untuk seluruh Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kelurahan & Kepala Sub Bagian Program Kecamatan Se-Kota Bandung, di Metro Indah Bandung Hotel, Rabu, (21/11/2018). Kepala Bidang Pengendalian Data dan Evaluasi, dr. H. Susatyo Triwilopo SH., MPH., selaku pelaksana Bimtek ini turut hadir memberi pengarahan dan pemaparan singkat mengenai pengelolaan data Kesejahteraan Sosial di Kota Bandung. Bimtek ini juga dihadiri Kepala Bidang Penanggulangan Kemiskinan Dinsosnangkis Kota Bandung, Drs. Dwi Markoniandi Sutisna, M.Pd., Kepala Seksi dilingkungan Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung dan Peserta Bimbingan Teknis dari Kelurahan dan Kecamatan se- Kota Bandung.


Menurut Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung, Dr. Tono Rusdiantono H., M.Si, bimtek tersebut sangat penting untuk meningkatkan kualitas dalam pengelolaan data kemiskinan dan kesejahteraan sosial di Kota Bandung sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran," .


Kementerian Sosial Republik Indonesia mulai tahun 2017 dipercayakan untuk melakukan validasi dan verifikasi data kemiskinan di Indonesia atau yang lebih dikenal Basis Data Terpadu atau BDT. Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin yang bersumber dari data Pemutahiran Basis Data Terpadu tahun 2015 dan dikelola oleh Kelompok Kerja Pengelola Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin. Upaya strategis untuk memberikan informasi yang luas kepada petugas pendataan tentang pembaruan Aplikasi SIKS-NG. Aplikasi ini memudahkan petugas entri data dalam memfilter data - data yang diperlukan sesuai dengan jenis Program perlindungan sosial dan dapat bekerja sama dalam mengentaskan kemiskinan di Kota Bandung. Kepada peserta Bimtek untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sampai selesai sehingga nantinya menjadi satu persepsi dan terhindar dari ketidaktepatan data, yang mengakibatkan kesalahpahaman data dan menjadi tidak valid. Dengan diselenggarakanya kegiatan ini semoga membawa hasil yang optimal dan bermanfaat untuk kesejahteraan sosial pada umumnya. . 


Editor

Super Admin

Website: (c) AN